RSS

Simbolisme Arsitektur

"Bangunan, meskipun benda mati namun tak berarti tak “berjiwa”. Oleh karena itu, bangunan merupakan sesuatu yang sebenarnya selalu dinafasi oleh kehidupan manusia, oleh watak dan kecenderungan-kecenderungan, oleh nafsu dan cita-citanya. Ada dua lingkungan masalah yang perlu diperhatikan berkaitan dengan bangunan, yaitu guna dan citra." (Mangunwijaya, 1995:25)

Guna dalam bahasa inggris berarti use : pemanfaatan, dalam hal ini adalah keuntungan yang bisadiperoleh dari bangunan. Guna dalam arti kata sesungguhnya tidak hanya berarti manfaat, untung materiil belaka, tapi lebih dari itu mempunyai daya yang menyebabkan kita hidup lebih meningkat.Citra bisa langsung menunjuk pada suatu kesan, gambaran “image”, arti yang diperoleh dari sebuah penghayatan terhadap sesuatu.

Citra masih terkait dengan guna, namun citra lebih terkait dengan spiritual, yang mampu menggambarkan sang pemilik. Citra lebih menunjuk pada tingkat kebudayaan sedangkan guna lebih menuding pada segi keterampilan/kemampuan. Guna dan citra muncul sebagai suatu penjelmaan nilai yang terkandung dalam arsitektur dengan istilah yang pada akhirnya mampu terapresiasikan pada kata dan simbol-simbol.

Harkat, martabat dan derajat manusia merupakan sesuatu yang paling sering menggunakan arsitektur sebagai penunjuk identitasnya dengan mengimplementasikan unsur-unsur dalam desain arsitektur. Kasus dalam kseharian banyak dijumpai nilai-nilai arsitektur yang tanpa disengaja memaksa kita untuk menerjemahkan dan menafsiri setiap simbol-simbol.

Bookmark and Share

1 komentar:

Reef mengatakan...

Oke...
Lanjutkan saja
Bsok saya tunggu ya...